BogorianaNews

PFI Bogor Gelar Pameran Foto Metamorfosa Bogor Tampilkan 80 karya Jurnalis Foto

Wakil Walikota Bogor Dedie.A Rachim : Foto yang Dipamerkan Menginspirasi dan Penting Bagi Perkembangan Daerah atau Kota.

BRO. KOTA BOGOR – Sedikitnya 80 karya dari 20 pewarta foto yang diprakarsai Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor,digelar dalam pameran foto Metamorfosa Bogor dalam Bingkai 2022-2023, di Gedung Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor hingga 18 November 2023 mendatang.

“Para jurnalis foto memiliki kejelian dan kecepatan melihat hasil yang dipamerkan terlihat kematangannya dan bercerita tentang banyak hal. Sehingga ini bisa menjadi motivasi yang menginspirasi dan dokumentasi penting bagi sebuah perkembangan daerah atau kota,” ungkap Wakil Walikota Bogor Dedie.A Rachim saat membuka pameran foto tersebut, Senin (6/11).

Hasil jepretan karya jurnalis foto yang dipamerkan tentu mendapat perhatian serius dari Dedi A Rachim. Pasalnya dengan bakat dan jam terbang, seorang jurnalis foto memiliki kepekaan dalam mengambil sudut foto dari satu momen yang mampu mewakili sejuta kata-kata.

“foto yang ditampilkan sebagai kelengkapan satu naskah , inilah yang menjadi motivasi bagi saya,” katanya

Selain itu, dengan sense of situation yang dinamis para pewarta foto, kondisi yang diabadikan dalam sebuah foto akan menjadi pembanding dalam beberapa waktu ke depan dalam posisi atau angle yang berbeda.

“Para jurnalis foto memiliki kejelian dan kecepatan melihat hasil yang dipamerkan terlihat kematangannya dan bercerita tentang banyak hal. Sehingga ini bisa menjadi motivasi yang menginspirasi dan dokumentasi penting bagi sebuah perkembangan daerah atau kota,” jelas Dedie.

Diakui Dedi sejak SD, dirinya sudah membaca koran dengan gambar jepretan sederhana yang dihasilkan jurnalis foto dari sudut atau angel dramatis serta dinamis. hasilnya tentu memberi semangat atau motivasi yang juga bisa menggugah dan menyadarkan bahwa Indonesia begitu luas karena kepekaan jurnalis foto.

Melalui sudut pandang atau angle para pewarta foto, sambung Dedie perkembangan satu kota atau daerah akan berbeda.

“Bagi masyarakat, satu momen akan terlihat sebagai sesuatu yang biasa. Namun akan berbeda jika dilihat dari sisi jurnalisme atau sisi untuk kepentingan publikasi,”ujarnya

Dalam periode 2022-2023 yang diangkat PFI Bogor, menurut Dedie Rachim menjadi periode yang sulit bagi Kota Bogor.

Karena kehilangan pendapatan daerah hampir 40 persen. Sebab, mayoritas digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19 daripada perkembangan Kota Bogor.

Dengan ikhtiar Pemkot Bogor bersama jajaran tetap berupaya dalam melakukan perkembangan Kota Bogor dan melalui pameran Metamorfosa Bogor Dalam Bingkai 2022-2023 bisa dilihat segala sesuatu yang telah dilakukan pemkot Bogor dan dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Bogor.

“Dengan karya jurnalis foto, Pemkot Bogor bisa mendatangkan referensi, di samping bisa memotivasi dan menginspirasi semua serta menjadi titik tolak ke depan untuk membangun lebih baik lagi,” pungkas Dedie Rachim.

Sementara dalam acara pameran foto hasil jepretan PFI Bogor ini ditampilkan 80 karya dari 20 pewarta foto.

Acara pembukaan ditandai dengan penyerahan santunan secara simbolis kepada 5 anak yatim dari total ada 25 anak sebagai bentuk kepedulian dari PFI Bogor.

Menurut Ketua PFI Bogor, Hendi Novian hasil karya foto yang ditampilkan menggambarkan kondisi perubahan lingkungan, pergerakan perekonomian, bisnis, olahraga, politik dan lainnya.

“Harapanya menjadi bahan evaluasi bagi PR-PR bersama, mana yang harus dibenahi dan mana yang harus dipertahankan,” pungkasnya

Editor : Adjet

Show More

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button